Contoh Program Pointer Pada Pascal

Logika Program

int *data; adalah pendeklarasian sebuah variabel pointer int yang bernama data. int i,banyakdata; adalah pendeklarasian variabel i sebagai counter dan banyakdata untuk menyimpan banyaknya data. printf("Banyak data yang akan diinputkan : ");scanf("%i",&banyakdata); adalah untuk Pengisian data banyak data. data=(int *)malloc(sizeof(int)*banyakdata); adalah Pemesanan alokasi di memori untuk variabel pointer data sebesar besarnya int (sizeof(int)) dikali dengan banyakdata. for(i=0;i<banyakdata;i++) adalah Perulangan untuk membaca data dari data ke-0 sampai ke banyakdata-1. printf("Pemasukan data ke-%i :",i+1);scanf("%i",(data+i)); adalah berfungsi untuk Membaca data dari keyboard dan dimasukan ke alamat data pada urutan ke-i. for(i=0;i<banyakdata;i++) dan printf("Data ke-%i : %i\n",i+1,*(data+i)); adalah untuk Menampilkan isi data yang ditunjuk oleh pointer.

Listing Program
program pr;
uses crt;
type
Dmhs = ^Rmhs;
Rmhs = record
nm,nim,prd: string;
end;
var
mhs: array [1..5] of Rmhs;
n, i : integer;
begin
textcolor (lightblue+blink);
textbackground (lightgray);
clrscr;
write ('masukkan banyak data : ');
readln (n);
writeln;
for i:= 1 to n do
begin
write('masukkan Nama ke-',i,' : ');
readln(mhs[i].nm);
write('masukkan NIM ke-',i,' : ');
readln(mhs[i].nim);
write('masukkan Prody ke-',i,' : ');
readln(mhs[i].prd);
writeln;
end;
clrscr;
for i := 1 to n do
begin
writeln('Nama ke-',i,' : ',mhs[i].nm);
writeln('NIM ke-',i,' : ',mhs[i].nim);
writeln('Prody ke-',i,' : ',mhs[i].prd);
writeln;
end;
readkey;
end.

Logika Program

Pointer merupakan Sebuah penunjuk alamat pada memori komputer yang menyimpan data. Dengan kta lain Variabel yang menyimpan alamat memori variabel lainya. Jadi pointer hanya menyimpan alamat memori dan menunjukan isi data pada memori tersebut bukan menyimpan data ke memori tersebut.
Pertama-tama Program dimulai disini saya menggunakan text color dan text background agar tulisan dan backgraoundnya berwarna, text dan backgroundnya dapat diubah-ubah terserah keinginan kita. Kita disuruh memasukkan berapa banyak data yang mau kita masukkan itu terserah saja mau masukkan berapa saja setelah kita memasukkan banyak data yang kita mau masukkan kita program langsung menjalankan data input kita tinggal masukkan datanya saja data akan melakukan perulangan sampai banyak data yang kita masukkan terpenuhi data akan langsung membaca data yang kita masukkan setelah kita selesai masukkan input data.

Output Program




 


0 komentar "Contoh Program Pointer Pada Pascal", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar