PENGERTIAN UNIX (salah satu jenis sistem operasi)

Unix adalah satu dari banyak sistem yang menentukan prilaku sebuah komputer. Unix adalah sistem operasi yang memungkinkan sebuah komputer dipakai sekaligus oleh banyak orang (multiuser). Unix menyediakan beberapa peralatan untuk menyelesaikan berbagai masalah, serta untuk berkomunikasi. Unix dapat ditemui di hampir semua jenis komputer. Meskipun terdapat banyak variasinya, pola kerjanya bisa dikatakan serupa. Ini salah satu alasan mengapa Unix begitu populer.

Yang paling penting untuk diketahui adalah, komputer hanya melakukan apa yang 'diajarkan' (baca: diprogram) padanya. Ia tidak dapat melakukan improvisasi. Jadi, ketika kita bekerja dengan sebuah komputer, sebenarnya kita tidak berinteraksi dengannya, melainkan dengan orang yang memprogram komputer tersebut.

Kita sedang berinteraksi dengan orang yang mengkonstruksi Unix, karena setiap baris yang kita baca, setiap reaksi yang kita dapat, setiap 'alat' yang kita pakai adalah hasil karya mereka yang terlibat dalam pengembangan program tadi.

Unix begitu populer di sebabkan oleh karakter mereka yang terlibat pada pengembangannya : sangat cerdas, kreatif dan lucu. Coba baca berbagai dokumentasi tentang Unix, kita akan menemui lelucon di sana sini. Unix sudah sedemikian rumit dan sulit, tanpa bahasa yang 'tinggi' pun kita tahu, kita sedang berurusan dengan 'sesuatu yang serius'. Kesederhanaan ini, menurut kami, malah menunjukkan kecerdasan mereka. Mereka berhasil menerangkan ilmu 'langit' dalam bahasa bumi. Dan tidak terjebak dengan gaya bahasa 'wah', sebagaimana sering dijumpai terutama di dunia ketiga, di kalangan mereka yang lebih mengutamakan kulit ketimbang isi, membuat yang sederhana menjadi rumit, bertentangan dengan semangat keilmuan.

Biasanya sistem - sistem Unix dihubungkan dengan menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Ini adalah sebuah protokol (metode) yang dipergunakan luas untuk menghubungkan berbagai jenis komputer. 

Unix menggunakan dua media utama untuk menghubungkan sistem computer, yaitu :
1. Ethernet. Melalui kabel koaksial dengan kecepatan 10 Mbits perdetik.
2. Slip. Serial line internet protocol : hubungan melalui saluran telepon atau saluran tetap (dedicate line) ppp (point to point protocol : pengembangan dari slip).

Jenis Akses Pemakaian Untuk dapat mengakses file/direktori, sistem UNIX membaginya dalam 3 kelompok :
a. Owner (user) : pemakai
b. Group : kelompok dari user
c. Other : pemakai lain di luar group

0 komentar "PENGERTIAN UNIX (salah satu jenis sistem operasi)", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar